PAPAMOTA

Sejarah terbentuknya PAPAMOTA u/ wilayah Malang

Papamota sebenarnya dirintis sekitar tahun 80an… dan itu pun diadakannya hanya dg obrolan2 antar pengemar motor tua, menurut Bp Mukayan anggota dari Papamota ini dari beberapa wilayah yaitu Malang, Blitar, Kediri, Pasuruan, Probolinggo, Jember umumnya daerah Jawa Timur. Dan Papamota ini baru di organisasikan secara sah pada hari Minggu tanggal 9 Nopember 1985 itupun untuk wilayah Kabupaten/Kodya Malang di Karangploso, dan organisasi ini tidak berafilisasi kepada partai politik manapun, melainkan bersifat sosial/seni untuk melestarikan motor-motor tua yang hampir punah.

Dalam kegiatannya lebih mengarah kepada penyaluran hobby dan menjalin kekeluargaan sesama penggemar motor tua yang anggotanya tidak terikat kepada suatu wilayah dan berupaya untuk membantu pemerintah di bidang jasa dan tertib lalu lintas.

Kalau melihat dari anggaran dasar Papamota Malang, terbentuknya Papamota ini diprakarsai oleh Bapak-bapak yang memiliki hobby/melestarikan dan merawat motor tua buatan Negara Eropa dan Amerika dengan kapasitas mesin 250cc keatas.

Dalam pembentukan organisasi ini diadakan rapat pertama kali pada tgl 6 September 1985 yg diselenggarakan di Ds Kepuharjo Kec. Karangploso – Kab. Malang dg berdasarkan musyawarah dan mufakat maka organisasi ini diberi nama PAPAMOTA atau Paguyuban Penggemar Motor Tua yang beranggotakan 10 orang.

Susunan Pengurus Papamota wilayah Malang (9 Nompember 1985)
Pembina                       : Rumadi
Pembina II                   : Hariono
Ketua I                          : Ir. Tanayo
Ketua II                        : Drs. Suyoso
Sekretaris                    : Asmanu
Bendahara                   : Ny. Mukasan
Seksi Mekanik              : Mukayan
Seksi Kesehatan           : Priadi
Seksi Komunikasi        : Mukayan

logo / stempel sesuai AD/ART nya Papamota (diterima penulis dalam bentukan stempel korwil Malang) jadi kira2 seperti ini penggambarannya,

begitulah sepintas sejarah tentang Papamota yang penulis ketahui, mohon maklum bila ada kesalahan2 dan mohon dikoreksi… Dah ah seriusnya back to santaiii…

My Opini
Papamota ini dibentuk hanya untuk penggemar motor tua produksi Eropa/Amerika dan hanya yg memiliki motor 250cc keatas padahal kalau kita tilik (bukan di tilik i) banyak juga penggemar motor tua yg CC nya dibawah 250cc kaya’ zundap, simson dll atau produksi2 jepang. Mereka2 ini juga berjuang jg untuk melestarikan/merawat motor tua.., dan mereka ini gak punya wadah (ditinjau dari awal pembentukan papamota) untuk ikut sebagai organisasi yang
mapan seperti papamota.. karena ada syarat2 yg mewajibkan tsb diatas. Seakan2 mereka2 ini (diluar papamota) tersingkirkan, otomatis dikalangan ini keliatan tidak sebegitu antusias dengan organisasi papamota atau ada kesenjangan lain seperti harga dari motor tsb antara besar dan kecil dll.. ya udah tau lah harga motor gede sekelas 250cc kan jauh beda dengan 50cc jadinya keliatannya menunjukkan strata ekonomi dari para penggemarnya… padahal jiwa-jiwa mereka gak kalah dalam melestarikan motor lawas dimana motor2 tersebut adalah sebagian aset suatu negara (kl boleh dibilang suatu kebanggaan tersendiri dari negara yang menjunjung tinggi kelestarian motor lawas) .. sekilas opini dari saya.

Terus terang penulis baru tahu kalau dimalang itu ada perkumpulan yg namanya PAPAMOTA sebelumnya yg diketahui cuman MACI dan HDCI atau club2 vespa saja. Kenapa Papamota kok memudar atau hilang dari peredaran jagat per-motortua-an atau bisa di sebut vakum dari kegiatan2??.. pdhl para sesepuhnya masih semangat kl diajak2 jalan2 hehehehe kaya Bp. Mukayan. Ya itulah yg menjadi pertanyaan dari penulis sampai sekarang yg belum ada titik temunya…

Lepas dari segala hal2 yg tidak berkenan… bagi kami yang penting adalah semangat sejalan satu jiwa, untuk  melestarikan keberadaan motor tua, tanpa mengenal dari mana motor tsb dibuat, tahunnya dan besar kecilnya dari motortua tsb.

Oh iya masih ada ganjalan di hati ne, yg dimaksud motortua itu tahun produksinya ya?? Kl diliat dari AD/ART nya Papamota, motor tua yg boleh ikut kisaran tahun 1953 dan Papamota dibentuk thn 1985 ada selisih 32 tahun… so kl sekarang tahun 2009 dengan selisih 32 akan jatuh ketahun 1977… berarti tahun 1977 bisa dibilang motor tua dunk.. just my opini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: